Budaya Visual Zaman Pencerahan (Renaissance)

Posted by Ratna Tanjung on Thursday, February 23, 2012
Zaman Pencerahan atau yang lebih dikenal dengan zaman Renaissance merupakan suatu era kebangkitan kebudayaan Eropa dari masa kegelapan yang dukuasai oleh gerja. Zaman Pencerahan terjadi sekitar abad ke-15 dan 16, berpusat di Italy dan pengaruhnya meluas hingga ke benua Eropa.

Di zaman ini, para cerdik pandai dan seniman mendapat penghargaan yang tinggi dari masyarakat. Karya-karya seni rupa yang sebelumnya memusatkan diri pada karya yang bersifat pemujaan kepada keagungan Tuhan, mulai berkembang kepada objek manusia dan alam.

Renaissance kerap diartikan sebagai kebebasan berpikir dan kebebasan meneliti apa saja yang ada di dunia ini, lalu diungkapkan dalam bentuk karya seni. Tokoh seni rupa Renaissance yang terkanal antara lain Leonardo da Vinci (1452-1519), Michael Angelo (1475-1564), dan Raphael Santi (1483-1520).

Leonardo da Vinci adalah seniman yang jenius. Di samping dikenal sebagai seorang pelukis, ia juga dikenal sebagai seorang arsitek, ahli ilmu pasti, penyair, peneliti, filsuf, dan perancang segala bisa. Salah satu lukisannya yang terkenal adalah ''Monalisa" dan "Perjamuan Terakhir". Leonardo adalah murid Verocchico yang juga seorang pelukis dan pematung.

Leonardo da Vinci


Monalisa dibuat pada 1503


Sketsa "Pesawat Terbang" karya Leonardo da Vinci


The Last Supper "Perjamuan Terakhir" dibuat 1495-1498

Cerita dari pembuatan lukisan The Last Supper ini sangatlah menarik. Maka dari itu, saya rekomendasikan sebuah situs yang menceritakan keunikan pembuatan dari lukisan ini yakopdonyprakoso.blogspot.com


"Vitruvian Man"
Showing the golden ratio in body dimentions


Michaelangelo Buonarroti, adalah seorang seniman serba bisa. Dalam berkarya, ia lebih banyak menekankan kepada keahlian membentuk, sehingga banyak karya pahatannya mengutamakan bentuk-bentuk yang ideal, seperti patung manusia yang gagah, berotot dan berbadan atletis. Karyanya yang terkenal adalah "Penciptaan Adam" dan "Keputusan Terakhir".


Michaelangelo


Michelangelo's design of St. Peter's Basilica


Michelangelo's Moses


Michelangelo's Tomb


Michelangelo's Statue of David


Michelangelo's painting " Last judgement "


Michelangelo's Pieta


Michelangelo's Lightmatter Sistine Chapel ceiling


Dari beberapa karya Michaelangelo, karyanya yang paling dikenang hingga abad ini adalah lukisannya di atap langit-langit dari Sistine Chapel, sebuah tempat terkenal di Kota Vatican di Roma, penuh dengan lukisan Michelangelo yang menggambarkan cerita-cerita tentang Dewa.


Raffaello Sanzio (Raphael Santi), dikenal sebagai seorang pelukis zaman Renaissance yang terkemuka. Meskipun karya-karyanya tak sepopuler Leonardo da Vinci atau Michael Angelo, tetapi karyanya memiliki gaya tersendiri yang unik. Karya Raphael lebih menekankan kepada permainan warna, bentu yang alami, dan keseimbangan komposisi unsur rupa. Karyanya yang terkenal diantaranya "Ibu dan Anak".


Raffaello Sanzio


Raffaello Sanzio Madonna_Reproduction


Raffaello Sanzio Madonna_of The Chair


Raffaello Sanzio Madonna_The Visitation


Raffaello Sanzio Madonna_Marriage of The Virgin


Raffaello Sanzio Madonna_The Three Graces

More Raffaello Zanzio's painting

Di samping ketiga seniman yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi seniman di zaman Renaissance yang mana karya-karya mereka dapat merubah peradaban dunia.


Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
 

Brain & Soul Energy Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare